Cara Buat Salad Dressing

Untuk bikin salad dressing, kita tidak perlu pake resep, bahkan measuring spoon. Yang diperlukan adalah pemahaman bagaimana mengkombinasikan antara oil dan vinegar. Ya, rumus mendasarnya adalah mencampur 1 bagian acid dengan 2 bagian oil. Nah, untuk lebih detailnya aku jelaskan di bawah, ya. Selamat menyimak.

Memilih Oil

Oil yang paling enak untuk dressing salad adalah extra virgin olive oil. Atau bisa juga pakai walnut oil, coconut oil, avocado oil, atau flax seed oil. Sebenarnya, kita tidak perlu memilih minyak yang mahal, tetapi yang penting enak dan sesuai dengan selera masing-masing. FYI, oil-oil yang disebut di atas adalah oil yang tidak bisa dipanaskan atau low-heat tolerant.

Memilih Acid

Acid di sini adalah segala macam jenis vinegar. Boleh pilih salah satu atau maksimal pakai dua macam acid saja. Pilih yang enak dan sesuai dengan selera. Beberapa acid yang bisa dipilih adalah apple cider vinegar, atau red wine vinegar, white wine vinegar, rice vinegar, balsamic vinegar, coconut vinegar atau bisa juga menggunakan fresh lemon juice, lime juice, pineapple juice atau citrus juice yang lain. Cobain satu-satu, ya… Pada dasarnya masing-masing acid akan membuat dressing mu jadi beraneka macam rasa.

Penambah Rasa

Oil dan acid adalah bahan dasar untuk membuat dressing. Tapi, untuk bisa menghasilkan cita rasa dressing salad yang lebih nikmat rasanya, perlu ditambahkan sea salt dan fresh cracked black pepper. Bisa juga ditambahkan mustard, miso atau fresh herbs dan bawang putih bubuk atau bawang putih cincang.

Lalu untuk menambahkan cita rasa manis di saladmu, tambahkan pemanis seperti agave syrup, coconut nectar, sorghum syrup atau maple syrup. Untuk versi yang bukan vegan, boleh pake honey. Tapi pilih honey yang bagus, ya…

Cara Membuatnya

Oil dan acid tidak menyatu pada saat dicampur dalam satu wadah. Mereka akan terpisah menjadi lapisan yang berbeda. Cara membuat oil dan acid bisa menjadi satu emulsi adalah dengan cara mengaduknya menggunakan pengocok telur atau whisk. Bisa juga dengan cara mengocoknya dalam jar dan menggunakan hand blender. Dari semua cara itu, tidak akan membuat emulsi ini stabil. Lama kelamaan mereka akan misah lagi. Jadi setiap kali mau mengkonsumsi dressing ini harus dikocok lagi terlebih dahulu.

Kocok pakai garpu atau whisk

Caranya campur semua bahan ke dalam mangkok kecil. Lalu kocok pakai garpu selama beberapa detik sampai tercampur rata. Gunakan segera. Cocok untuk sajian sekali pakai.

Kocok di dalam jar kecil

Caranya masukkan semua bahan ke dalam jar kecil. Tutup rapat. Lalu kocok sampai semua tercampur rata. Gunakan seperlunya untuk satu sajian salad. Sisanya bisa disimpan di lemari es. Dan kocok terlebih dahulu sebelum digunakan.

Blend dengan hand blender atau blender

Mengolah dengan blender ini cocok bila kita pakai bahan yang solid seperti bawang putih atau jahe atau buah. Cukup masukkan semua bahan ke dalam blender, proses hingga lembut. Gunakan segera dan habiskan.

Jangan lupa untuk diicipin dulu, ya. Siapa tahu kurang sea salt atau black pepper. Ambil satu daun dalam saladmu, lalu celupkan ke dalam dressingnya. Kalo kurang sedap, tambahkan sea salt atau fresh cracked black pepper, ya. Atau bisa tambahkan lagi oilnya atau acidnya. Sesuaikan selera.

Cara Penyimpanan

Simpan dressing salad dalam jar dengan tutup yang rapat. Ini akan memudahkan untuk kita mengocoknya kembali. Kalau bahan dressing terbuat dari vinegar, extra virgin olive oil, salt dan pepper, dressing ini akan tahan 2 minggu di counter kitchen. Tapi kalau dressing-nya pakai bahan fresh seperti lemon juice dan bawang putih atau jahe, maka dressing ini harus disimpan di dalam lemari es paling lama 5 hari, ya.

BASIC SALAD DRESSING

Bahan-bahan :

1 bagian vinegar atau lemon juice
2 bagian extra virgin olive oil
1 bagian agave syrup
1 jumput sea salt
1 jumput black pepper
2 jumput garlic powder
tambahan : 1 sdt bawang putih cincang atau 1 sdt bawang merah cincang, ½ sdt mustard, 1 tbs herbs (thyme, oregano, basil, parsley, cilantro, rosemary) cincang

Peralatan :

  • Measuring cup dan measuring spoon
  • Mangkok kecil atau jar kecil dengan tutup
  • Whisk (kocokan telur) atau garpu atau blender atau hand blender.

Cara membuatnya :

  • Takar semua bahan ke dalam mangkok kecil, jar atau blender.
  • Ikuti contoh seperti yang ada di video, ya. (Maafkan di videonya ada background suara burung. Mudah-mudahan tidak mengganggu, ya… Hehehe…)

Selamat mencoba dan selamat menikmati. Maturnuwun…



You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.