Cara Memasak Nasi Ala Yoesi

Sejak di rumahku sudah enggak pernah lagi masak nasi putih, jadi pastinya blog ini tentang masak beras merah, beras coklat dan beras hitam, ya. Di rumahku, makan nasi pun tidak jadi keharusan setiap harinya. Karena buatku, sumber karbohidrat itu bisa didapat dari banyak makanan lainnya, bukan cuma nasi.

Adapun cara-caranya adalah sebagai berikut :

1. Pilih yang organik
Beras organik selain lebih lezat, tapi juga lebih sehat. Ditambah, beras organik punya kandungan serat yang lebih banyak daripada beras putih.

2. Simpan di kulkas
Ya, bukan cuma sayur dan buah, aku juga selalu menyimpan beras di kulkas. Karena akan menjaga kesegarannya lebih lama.

3. Cucilah beras
Mencuci beras gunanya adalah untuk menghilangkan segala kotoran. Kegunaan yang lainnya adalah untuk memperbaiki teksturnya supaya jadi lebih pulen.

4. Hindari memasak dengan rice cooker
Sebaiknya tidak menggunakan rice cooker. Karena dapat membuat nasi merah menjadi kurang tanak dan tidak pulen. Biasanya, aku masak nasi pakai panci kecil bertutup karena porsinya hanya untuk dimakan 3 orang.

5. Proses memasak
Setelah beras dicuci bersih, rebus 1 cup beras dengan 2 cup air dan 1 sdt apple cider vinegar. Masak dengan api sedang sampai mendidih. Setelah mendidih, kecilkan api, dan tutup pancinya.

Diamkan selama 25 menit. Pasang alarm, ya. Karena kalau lupa bisa gosong lho, ya. Biasanya, saat masak nasi aku sambil ngerjain yang lain di dapur. Jadi tetap bisa ngawasin panci beras.

Setalah 25 menit, intip dikit nasinya. Kalau airnya sudah habis, matikan kompor dan tutup kembali pancinya. Diamkan lagi selama 20 menit. Setelah itu, baru boleh dibuka tutupnya dan aduk nasinya pake garpu.

Cara masak ini berlaku untuk masak quinoa dan sorghum. Cuman untuk quinoa, airnya cukup 1,5 cup saja untuk memasak 1 cup quinoa.

Tips :
Tips penambahan acv ini aku dapet dari sahabatku tercinta @rickycobs. And its works!! Haturnuhun ya, Combs.. Oiya, Aku pakai apple cider vinegar merek Bragg.



You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.