COCONUT YOGURT

Sebelum jadi vegan, gak begitu seneng ama yogurt. Karena terbuat dari susu sapi jadi agak males karena takut gemuk. Yogurt ini terbuat dari kelapa muda. Pertama kali bikin coconut yogurt setelah liat postingan dari mbakJanti, guruku tercinta @alterjiwo. Kok tampak enak. Dan tergodalah untuk bisa bikin juga. Langsung wa mbak Janti untuk nanya apa resepnya. Pasti terpercaya.

Kelapa mudanya pake yang tebel ya. Kalo ke tukang jualan kelapa bilangnya mau beli kelapa muda yang untuk bikin kue atau klapertart ya.. nanti pasti dikasih yang tebel-tebel. Dan minta untuk dipisah antara air kelapanya dan daging kelapa mudanya. Setelah itu sampe rumah ditiriskan dulu sebelum diblender.

MbakJanti kasih tip-tip untuk pemilihan probiotiknya. Probiotiknya harus mengandung minimum 5 strain bakterianya. Jaman taun 2013 belum ada yang jualan probiotik kayak gitu. Jadi sekali lagi mbakJanti kasih tip. “kalo jalan-jalan ke luar negeri, jangan cuman ke toko-toko baju. Ayo hunting barang-barang, makanan-makanan yang ada di health store atau organic grocery store”. Oke, siap, mbak.

Sekarang ini udah banyak sekali temen-temen yang punya toko organik yang jualan probiotik. Yang paling banyak di pasaran adalah Jarro-Dophilus EPS. Probiotik ini pas banget karena mengandung 8 probiotik strains. Bisa coba cari di @nourish_indonesia atau @house1502 ya..

Untuk pemakaian per 1 cup kelapa muda, dipake 3 kapsul probiotik. Nanti pas mau diblender, keluarkan bubuk probiotiknya dari kapsulnya ya. Kalo pake probiotik yang cair, 1 cup kelapa muda dipake 2 sdm probiotik.

Nanti pas mau diblender, kasih sedikit air supaya bladenya blender bisa muter ya.

Pas bikin, sambil telponan mbakJanti. Karena was-was takut salah bikin. Seberapa airnya, seberapa banyak coconut meatnya, ditakernya sangat presisi karena sekali lagi, aku takut gagal. Semuanya harus serba steril karena ini berhubungan dengan fermentasi. Make sure mason jar dan tutupnya udah steril, kering. Blendernya juga.

Setelah semua siap, masukkan kelapa muda, probiotik dan sedikit air ke dalam blender. Proses sampe halus lembut. Lalu masukan ke dalam mason jar dan tutup rapat. Lalu simpan di tempat yang stabil suhunya. Aku biasanya disimpan di dalam oven yang nyala lampunya. Ovennya gak nyala apinya lho ya. Atau di atas kulkas ya. Kan anget tuh. Diamkan semaleman. Oh ya jangan lupa mason jarnya dialasi dengan piring atau loyang. Karena besoknya coyonya akan ngembang dua kali lipat. Dan biasanya akan tumpah-tumpah dari jarnya, dan gak akan ngotorin oven atau atasnya kulkas.

Setelah jadi keesokan harinya, keluarkan dari oven. Nantinya akan keliatan ada rongga-rongga di seluruh permukaan coyonya. Tandanya probiotiknya bekerja dan udah jadi yogurt. Lalu aduk rata. Dan simpan di dalam kulkas, dan akan tahan sampe dengan 5 hari. Jangan lupa jarnya dikasih tanggal ya. Supaya kita gak lupa kapan kadaluarsanya ya..

Setelah itu biasanya aku bikin beberapa yang diwarnain untuk menghias green smoothieku. Ditempatin di squeeze bottle.

  • Warna merah : dari red beet juice
  • Warna kuning : dari turmeric/kunyit juice
  • Warna hijau : dari wheatgrass powder atau spirulina powder
  • Warna hitam : dari activated dark charcoal
  • Warna ungu muda : dari acai berry powder
  • Warna coklat : dari cacao powder

 

Dah semua siap untuk penghias smoothieku. Dan selamat berkreasi juga dengan smoothiemu ya..

Coyo ini bisa dibikin untuk berbagai menu. Utk dinikmati dengan granola atau untuk dressing, atau untuk dibikin popsicle. Monggo silahkan berkreasi juga ya..



You Might Also Like

1 Comment

  • Reply
    anastasiasanty
    November 9, 2017 at 6:54 pm

    aku kok langsung ngecesss pengen siey bu @yoear.. kangen ih.. kapan2 aku mau nari lagi ah

  • Leave a Reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.