Browsing Tag

puasa

    KOLAK AYOE

    Bulan Puasa Ramadhan telah tiba.. hore hore hore.. bulan berkah penuh rahmat yang harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Selain memperbanyak ibadah kita kepada Allah yang Maha Kuasa, kita juga tidak terlepas kewajiban untuk ibadah kita buat keluarga. Menyajikan makanan yang sehat untuk berbuka puasa dan sahur.

    Setelah menikah, aku udah gak pernah lagi buka puasa pake kolak, es2an, goreng2an, bubur2an, jajan pasar dan apalah segala sesuatu makanan pembuka yang manis-manis. MasDani sangat simple. Hanya dengan air putih dan kurma. Jadi dulu biasanya menjelang bulan puasa yang banyak distok adalah kurma. Sekarang tetep aja kurma, cuman skrg beli kurma harus milih yang kurma yang sehat.

    Yang paling tertegun dengan keadaan ini adalah kalo setiap kali ada tamu yang ikut buka puasa di rumahku. Duh kering amat ya meja makanku. Kasihan tamunya. Untuk tahun ini, Mpy usul supaya aku bisa sharing menu buka puasa yang sehat.

    KOLAK!!!

    Kalau biasa nama ayu ada di dawet sekarang aku kasih di kolak versi ku :D,  heheheh dan aku gak begitu suka kolak. Mbayangin santen dimasak lama gitu, dengan rasa yang manis creamy gitu, dulu rasanya jadi bikin takut gemuk. Takut nanti sebulan puasa, bukannya tambah langsing karena makannya cuman 2x tapi malah jadi tambah gemuk karena makannya 2x ditambah dengan makanan2 manis lainnya.

    Jadi kali ini kepengen sharing caranya bikin kolak tapi yang sehat. Kebiasaan kita bikin kolak adalah smuanya direbus barengan ama santen sampe semua empuk. Entah untuk  berapa lama. Tergantung isinya. Tapi kayaknya semakin lama akan semakin gurih. Jangan yaahhh… jadi gak sehat deh kolaknya.

    Mari disiasati dengan mengukusnya terlebih dahulu bahan-bahan isian kolak. Sementara itu bikin kuah kolaknya, tanpa santan. Setelah kukusan isiannya jadi, baru dicemplungin ke panci kuah. Masak sebentaran. Angkat dari api. Tuang santan. Aduk rata. Lalu masukan bahan isian lain seperti buah nangka atau pisang dan kolang kaling.

    Gula kelapa yang dipake juga milih ya. Aku biasanya beli yang ada di Javara. Untuk santennya, beli di pasar, buat kulitnya, cuci bersih. lalu proses pake food processor atau diparut. Blender dengan ditambah air matang. Saring. Dah jadi deh santan kelapa atau coconut milk. Siap minum. Jadi jangan dimasak lagi ya.

     

     

     

    BAHAN BAHAN :

     

    • 20 buah Biji salak ubi ungu
    • 1 cup Kolang kaling +  ½ buah red beet root yang dipotong kotak2, rebus sampe empuk.
    • Nangka, dipotong2
    • Pisang kapok, potong2
    • Labu kuning kukus, potong kotak2
    • 1 cup Santan kelapa
    • 1 liter Air matang
    • ¼ cup Gula kelapa
    • Sea salt secukupnya
    • 3 lembar Daun pandan

     

    Cara membuatnya :

    1. Rebus air matang, gula kelapa, sea salt dan daun pandan sampe mendidih.
    2. Kecilkan api. Masukkan biji salak ubi ungu, kolang kaling, nangka, pisang kapok dan labu kuning. Biarkan slama 5 menit. Aduk perlahan rata supaya labu tidak hancur .
    3. Angkat panci dari api. Sisihkan.
    4. Masukkan santan. Aduk rata hingga tidak ada yang menggumpal.
    5. Sajikan hangat atau dengan tambahan es batu.