VEGAN BANANA CRANBERRY BREAD

Resep ini adalah resep awal2 jadi vegan. Bikin bread vegan yang paling gampang dan paling mudah diterima lidahnya yang bukan vegan. Sebelum jadi vegan, gak pernah suka makan kue2 karena takut gemuk. Dan gak pernah pengen nyoba bikin dessert apalagi yang panggang-panggang karena udah males duluan untuk nimbang bahan-bahan dan harus ngocok telur, mentega.

Mbayangin amisnya dan “kapal pecah”nya dapur, udah menyurutkan keinginan untuk bisa bikin kue. Belum nanti kalo hasilnya akan banyakan gosongnya dari pada yang cantiknya..

Tapi setelah jadi vegan, bikin kue jadi gampang banget. Karena gak perlu nimbang2, gak perlu memisahkan putih dan kuning telur, gak perlu ngocok telur pake mixer, gak perlu takut gak ngembang. Alat yang dibutuhin cuman measuring cup dan measuring spoon (untuk naker-naker bahan), whisk (pengocok telur yang nanti fungsinya bukan untuk ngocok telur), rubber spatula (untuk ngaduk adonan), offset spatula (untuk leveling bahan-bahan yang ditakar pake measuring cup dan measuring spoon), medium bowl (untuk adonan kering) dan small bowl (untuk adonan basah).

Dan tentu saja pan yang udah dialasin dengan baking paper. Kali ini aku pake cetakan bentuk pisang yang aku beli di Pasar Mayestik. Bisa juga pake loaf pan ya, tapi nanti manggangnya butuh waktu yang lbh lama lagi. Sekitar 50-60 menit ya.

Tepung yang dipake adalah almond meal dan cassaca flournya Ladang Lima. Almond mealnya dari almond pulp yang dikeringkan pake dehydrator selama 12 jam. Tapi bisa juga pake all purpose gluten free flour. Aku biasa beli di @clubsehatstore.

Untuk pengganti telurnya adalah flax seed meal. Flax seed meal adalah flax seed yang udh diground pake blender ya. Rumusnya adalah 1 telur = 1 sdm flax seed + 1,5 sdm air matang.

Pemanis yang dipake jangan gula putih. Pake gulanya yang sehat ya. Aku pake coconut sugar dan gula singkong. Untuk gula singkongnya, bisa diganti gula cair yang sehat lainnya. Seperti agave syrup, sorghum syrup atau maple syrup. Pisangnya cari pisang udah mateng banget ya. Pisang yang mateng banget, yang kulitnya udah keluar spot-spot hitamnya itu rasanya akan manis banget. Lalu diancurin sampe lembut ya. Cari pisang lokal ya. Favoritku pisang ambon dan pisang kepok. Coconut oilnya pake yang cold pressed coconut oil. Banyak merk yang terpercaya sekarang ini. Smuanya ini aku beli di @clubsehatstore. Baking soda dan baking powdernya aku beli di @nourish_indonesia.

  

Yuk sekarang aku list bahan-bahan yang akan dipake ya..

 

Bahan-bahan :

 

Wet :

  • 1,5 flaxeggs (1,5 sdm flax seed meal + 3 sdm air matang)
  • 1 cup mashed banana
  • 1/3 cup coconut nectar
  • 3 sdm coconut sugar
  • 3 sdm coconut oil
  • ½ cup almond milk
  • 1 buah banana untuk hiasan. Potong melintang

 

Dry :

  • 1 cup almond meal
  • 1/3 cup cassava flour
  • 1 sdt baking soda
  • ½ sdt baking powder
  • 1 sdt cinnamon powder
  • ¼ sdt sea salt
  • ¼ cup dried cranberry

 

Cara membuatnya :

 

  1. Panaskan oven 175C. siapkan cetakan dan alasi dengan baking paper.
  2. Di dalam mangkok sedang, campur flax seed meal dan air, aduk rata. Diamkan selama 5 menit, sampai nantinya akan berubah menjadi gel.
  3. Sementara itu, di mangkok yang agak besar, campur semua bahan “Dry” di atas ayakan tepung. Lalu ayak sampai habis, bila ada sisa-sisa yang kasar, langsung masukan ke dalam mangkok.
  4. Masukkan semua bahan “wet” ke dalam mangkok yang berisi flaxeggs. Aduk rata.
  5. Masukkan bahan “wet” ke dalam mangkok bahan “dry”. Aduk rata dengan menggunakan whisk. Jangan terlalu lama mengaduknya.
  6. Lalu masukkan dried cranberry dan aduk rata.
  7. Masukkan adonan ke dalam cetakan.
  8. Panggang sampai atasnya berwarna coklat selama 30 menit.
  9. Setelah matang, keluarkan dari oven dan biarkan mendingin di cetakan selama kira-kira 10 menit.
  10. Setelah itu keluarkan dari cetakan dan biarkan dingin sempurna sebelum dipotong.

 



You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.