Vegetarisme dan Doa R.A. Kartini

“Vegetarisme itu doa tanpa kata kepada Yang Maha Tinggi,”

— tulis R.A. Kartini dalam buku “Habis Gelap Terbitlah Terang”.

Memang Hari Kartini sudah lewat beberapa hari saat saya menuliskan jurnal ini. Tapi, enggak ada salahnya kalau saya tetap ingin berbagi tentang fakta ini.

Bicara emansipasi perempuan pastinya enggak lepas dari sosok Kartini yang bertahun-tahun membela hak perempuan. Bukan cuma itu, ternyata Kartini juga sangat memperhatikan soal asupan yang masuk ke tubuhnya. Makanya enggak heran kalau ternyata beliau memilih untuk jadi vegetarian.

Kartini bareng adik-adiknya sudah menjadi vegetarian sejak mereka masih berumur belasan tahun. Jadi, sebenarnya vegetarian di Indonesia itu sudah ada sejak tahun 1900-an, lho. Ada satu surat yang Kartini tulis buat RM Abendanon pada 27 Oktober 1902 di Belanda. Disitu beliau bilang,

Kami sekarang pantang makan daging. Sudah lama kami merencanakan itu dan bahkan beberapa tahun saya hanya makan tanaman saja, tetapi tidak punya cukup keberanian susila untuk bertahan. Saya masih muda sekali, masih berusia 14, 15 tahun.

Buat Kartini, jadi vegetarian juga merupakan doa. Doa kepada Yang Maha Kuasa untuk bisa mempunyai kemampuan menjaga tubuh kita dengan apapun yang baik dan sehat untuk badan kita sendiri. Tidak membebani tubuh dengan tugas harus mencerna apapun melebihi kemampuan tubuh kita sendiri.

Secara pribadi, tidak bermaksud untuk mengajak teman-teman untuk menjadi vegetarian atau vegan seperti saya. Dan memberikan pendapat bahwa kalau tidak vegetarian atau tidak vegan adalah tidak sehat adanya. Semua itu adalah pilihan dan doa. Setiap orang mempunyai pilihan dan doa yang terbaik untuk dirinya masing-masing. Dan pilihan untuk menjadi vegetarian seperti Kartini adalah yang terbaik untuk beliau dan pilihan untuk menjadi vegan adalah yang terbaik untuk saya sampai dengan saat ini.

Gebakken Broot Met BayamNah, pas Hari Kartini kemarin saya sempat posting satu resep menu khas keluarga Sosroningrat. Menu Gebakken Broot Met Bayam ini konon sering jadi menu andalan keluarga Kartini. Kalau mau coba monggo disambangi, spesial ada video tutorialnya juga.



You Might Also Like

1 Comment

  • Reply
    prihansuci
    April 30, 2017 at 1:29 pm

    senang mengetahui tentang fakta ini. hari ini, baru saja saya memproklamirkan diri untuk serius vegan, dan membuka web Anda, suatu kebetulan yang menyenangkan.

  • Leave a Reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.